Blogger Widgets

Jumat, 24 Oktober 2014

Olymphis 4


PENYEBARLUASAN  OLIMPISME MELALUI GERAKAN OLIMPIADE MODERN
Baron Pierre De Coubertin, seorang  bangsawan Prancis, menggagas dan membangkitkan kembali  semangat olimpia (olimpisme) yang dipadukan dengan  penyelenggaraan pertandingan olah raga tingkat internasional (olympic games)  yang kemudian  dikenal dengan gerakan olimpiade (olympic movement).
Ide Gerakan Olimpiade Pierre De Coubertin’s
·       
  • Mengajak negara-negara didunia untuk bersama menghidupkan kembali nilai &  kegiatan  Olimpiade (olimpisme) sebagai solusi mengatasi krisis sosial, politik akibat dari konflik dan permasalahan di berbagai & antar Negara .
  • Kegiatan Olimpiade diharapkan dapat memberikan inspirasi dan semangat persaudaraan dalam upaya membangun resolusi perdamaian untuk mengatasi kekacauan yang terjadi di seluruh dunia
  • Untuk maksud tersebut dan agar pelaksanaan aktifitas pergerakan olimpiade berjalan secara terpadu dan berkesinambungan  di seluruh dunia  maka ditetapkan piagam olimpiade (Olympic Charter
Tujuan Utama  Gerakan Olimpiade
  •  Mempromosikan dan menyebar luaskan paham yang terkandung dalam olimpiade (olympism) secara umum dan menanamkan nilai filosofi  olahraga sebagai dasar pembentukan fisik dan pengembangan moral manusia .
  •  Untuk mendidik generasi muda melalui olahraga  yang dilandasi  oleh semangat saling pengertian dan persaudaraan  antar bangsa yang lebih baik, sehingga   memungkinkan terbentuknya dunia yang lebih damai dan kondusif
  •  Untuk menyebar luaskan prinsip-prinsip Olimpiade keseluruh dunia, sehingga membentuk semangat  perdamaian international.
  • Mempertemukan atlet dunia dalam suatu festival olahraga  Internasional empat tahunan, yang hingga kini dikenal  dengan pertandingan olimpiade (Olympic Games).
Peran  IOC Dalam Gerakan Olimpiade
  1. Mendorong terjadinya koordinasi, pengorganisasian dan pengembangan olah raga dan kompetisi olah raga diantara institusi olahraga baik tingkat nasional maupun internasional.
  2. Bekerjasama dengan pihak publik maupun swasta yang memiliki kemampuan dan kewenangan  dalam menerapan nilai olah raga dalam pelayanan kemanusiaan.
  3. Menyelenggarakan pertandingan olimpiade musim panas dan musim dingin secara reguler (4 Tahunan)
  4. Bekerjasama dengan institusi olah raga Internasional (IF’s) dan nasional (NOC) melakukan koordinasi menyelenggarakan kegiatan dan aksi aksi penyebarluasan nilai nilai olah raga (olympism)
  5. Mendorong gerakan olimpiade dan penyelenggaraan olimpiade sehingga dapat berperan dalam membantu menyelesaikan masalah masalah lingkungan.
  6. Mendukung International Olympic Academy (IOA) dan institusi lainnya dalam melaksanakan kegiatan pendidikan olimpiade. 

Atlet Indonesia Yang Berprestasi Dalam Olimpiade

 

Foto-foto diatas adalah bukti bahwa atlet Indonesia dapat memenagkan mendali emas dalam olimpiade dunia. Indonesia sebenarnya memiliki banyak atlet yang berprestasi namun pemerintah belum perhatian dengan atlet ini, jadi banyak orang yang malas untuk menekuni bidang ini . Tapi sebagai penerus bangsa kita harus membenahi masalah-masalah ini agar kita dapat membuat Indonesia menjadi Negara yang berprestasi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar