Blogger Widgets

Minggu, 12 Oktober 2014

olymphis 3



FILOSOFI DAN NILAI-NILAI DALAM OLIMPISME


Olympism  Sebagai Pokok Pikiran
Gerakan Olimpiade
(Tercantum Dalam Olympic Charter)

Olympism adalah dasar fundamental dan filosofi kehidupan (paham/ajaran) yang mencerminkan dan mengkombinasikan keseimbangan antara jasmani (badan yang sehat) dan rohani    (kemauan, moral dan kecerdasan) serta mengharmonikan antara kehidupan keolahragaan, kebudayaan dan pendidikan, sehingga dengan demikian dapat diciptakan keselarasan kehidupan yang didasarkan pada kebahagiaan dan usaha yang mulia, nilai nilai pendidikan yang baik dan penghargaan pada prinsip- prinsip etika yang baik pula.

 
Visi Olympism adalah menempatkan olahraga dimana saja sebagai wahana  pembentukan manusia secara utuh yang harmonis dalam  usaha  membangun suatu masyarakat yang damai dengan saling menghormati. Untuk kepentingan ini gerakan olahraga berusaha secara sendiri-sendiri ataupun bekerjasama dengan organisasi yang terkait menciptakan  kegiatan-kegiatan dalam usaha membangun perdamaian yang abadi.


Paradigma  Olympism Dalam Pertandingan Olimpiade

  •  PRESTASI OLAHRAGA BUKAN YANG UTAMA BAGI  ATLET DALAM SUATU KOMPETISI,MELAINKAN KEGIATAN OLAHRAGA UNTUK KEMULIAAN MANUSIA DENGANMENGKOBINASIKAN DAN MENSEIMBANGKAN ANTARA KUALITAS FISIK, KEMAUAN, DAN PIKIRAN SEBAGAI PRINSIP DASARNYA.
  •  KARENA OLYMPISM  DITETAPKAN SEBAGAI FILOSOFI DAN PRINSIP DASARNYA  , MAKA DISKRIMINASI ATAU PERBEDAAN TERHADAP RAS, SUKU, AGAMA, IDEOLOGI DAN WARNA KULIT HARUS DIHINDARKAN DALAM SETIAP GERAKAN OLIMPIADE.

 
Olympic’s Make One World (Olimpiade membuat dunia bersatu) !

Dikatakan membuat dunia bersatu karena olimpiade bisa diikuti oleh seluruh orang yang ada di dunia ini. Dalam olimpiade ini semua orang memiliki tujuan yang sama yaitu menjadi seseorang yang terbaik diantara yang terbaik dan pada saat ajang olimpiade ini dimulai semua perhatian Negara –negara tertuju kepada even ini,  dimana even ini adalah even milik dunia. 


Dari bendera olimpide yang dapat kita lihat diatas, bendera itu berbentuk seperti rantai yang saling berikatan dimana saya mengartikan bahwa meski asal kita berbeda-beda tetapi di olimpiade ini kita satu, karena kita memiliki satu tujuan serta warna biru, kuning, hitam, hijau, merah dan putih itu adalah warna perwakilan dari setiap warna bendera Negara-negara di dunia ini. Jadi memang  benar olimpiade dapat membuat dunia bersatu. 


VALUE OF THE OLYMPIC GAMES MOTTO
“ Citius, Altius , Fortius “
(Lebih cepat, Lebih tinggi , Lebih kuat)
Di usulkan oleh Father Henri Didon, seorang guru dari Republik Dominika, salah seorang teman B.Pierre de Coubertin

Olympism ini memiliki nilai-nilai,yang diantaranya adalah
Nilai excellence yang meliputi :

  1. Kerja keras untuk mencapai prestasi terbaik
  2. Berjuang hingga akhir (pantang menyerah)
  3. Fokus terhadap pencapaian prestasi
  4. Terus belajar untuk mendapatkan proses yang tepat untuk pencapaian prestasi terbaik
  5. Menjaga keseimbangan antara kebugaran fisik, motivasi /keinginan dan kekuatan mental
Living respect 

Saling menghargai diri dan orang lain dalam hal :
  1. Perbedaan pendapat
  2. Perbedaan keyakinan
  3. Perbedaan keragaman budaya
  4. Perbedaan Suku/ras dan Bangsa
  5. Hak-hak sebagai manusia
  6. Pencapaian prestasi/kesuksesan seseorang
Living friendsip

  1. Persahabatan
  2. Berempati dan bersimpati kepada orang lain
  3. Kerjasama
  4. Saling memberi,melayani
  5. Saling mendukung

Penjabaran Nilai Nilai Gerakan Olimpiade & Olympism Secara Lebih Luas Dalam Kehidupan

          Visioner (tujuan jangka panjang)
           Peaceful (kedamaian)
           No Discrimination (tidak diskriminatif)
           Mutual Understanding (saling memahami)
           Friendship (persahabatan)
           Solidarity (solidaritas)
           Fair Play (kejujuran,adil,wajar)
           Excellence (keunggulan)
           Fun (kesenangan)
           Respect (menghargai)
           Human Development  (pengembangan diri) 
           Leadership (Kepemimpinan)
           Motivation (semangat,pantang menyerah)
           Team Work (kerjasama,sinergi)

Begitu hebat nilai-nilai yang terkandung dalam olimpiade namun apakah nilai itu dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari? saya dapat katakan YA karena nilai yang terkandung dalam olimpiade sebenarnya adalah nilai yang biasa kita lakukan juga seperti adil, jujur, toleransi dll.  Nilai-nilai inilah yang sangat dibutuhkan untuk membuat dunia bersatu karena dengan adanya toleransi kita dapat memahami perbedaan,  dengan diterapkannya nilai adil tidak ada yang merasa dirugikan, dan jujur jika nilai ini diterapkan dengan baik tidak ada orang yang berasa dibohongi akhirnya hal-hal kecil ini lah yang harus kita perhatikan agar kedamaian dunia dapat terjalin dengan baik. 

Namun apakah nilai-nilai olimpisme ini sudah benar-benar merasuk dalam diri para masyarakat ? saya dapat katakan BELUM sebagai contoh dapat kita lihat gambar dibawah ini : 

    
   
masih banyak masyarakat yang belum menanamkan nilai toleransi sehingga banyak tauran antar warga yang dikarenakan perbedaan agama, selain itu nilai keadilan juga belum dipahami sehingga terjadi keributan saat sidang karena salah satu pihak merasa belum mendapatkan keadilan. hal- hal inilah yang dapat merusak persatuan dunia maka oleh karena itu kita harus benar-benar memahami serta merealisasikan nilai-nilai olimpisme ini dengan baik agar kita dapat mengenggam persatuan dunia. 



 Radika Azaahra
Pendidikan Kimia Reguler


Tidak ada komentar:

Posting Komentar